a glance of mata kuliah semester 1 :D

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan gambaran saya tentang materi mata kuliah yang akan saya pelajari semester 1 nanti.

Silahkan disimak, kurangnya diperbaiki/ditambahkan, lebihnya silahkan dibungkus dibawa pulang :P

Untuk semester 1 ada 6 mata kuliah dan 18 SKS.

1. Bahasa Inggris 2 SKS
2. Aljabar Linear 3 SKS
3. Pemrograman Terstruktur 4 SKS
4. Sistem dan Teknologi Informasi 2 SKS
5. Sistem Digital 4 SKS
6. Kalkulus 1 3 SKS
=========================================
TOTAL : 18 SKS


1. Bahasa Inggris

Mahasiswa diharapkan dapat mengerti isi sebuah teks/bacaan mengenai sains dan teknologi yang disajikan dalam bahasa inggris, kemudian mampu memaparkan informasi yang didapat serta menanggapinya baik secara lisan maupun tulisan.
Menurut saya, mata kuliah ini sangat bermanfaat karena melatih agar mahasiswa terbiasa dengan bacaan-bacaan ilmiah/sains dalam bahasa inggris, karena tidak menutup kemungkinan referensi/bahan belajar untuk kuliah menggunakan bahasa inggris.


2. Aljabar Linear

Mahasiswa dituntut agar dapat memahami konsep aljabar linier dan menerapkannya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aljabar linier. Mata kuliah ini menurut saya merupakan pengembangan/lanjutan dari pelajaran matematika di SMA, yaitu Sistem Persamaan Linear, Matriks dan vektor.






3. Pemrograman Terstruktur
Ini dia mata kuliah "khas" nya Teknik Informatika, pemrograman :D Namun
untuk semester 1 ini yang dipelajari adalah pemrograman terstruktur. Jadi,
mahasiswa harus memahami bagaimana pengembangan software, merancang
program terstruktur, merancang algoritma yang mangkus, memahami bahasa
pemrograman C, menuangkan ide-ide kreatifnya, dan bekerja sama dalam
sebuah tim. Mata kuliah ini merupakan langkah awal atau basic foundation dari mata kuliah pemrograman yang akan ditemui di semester-semester berikutnya.

4. Sistem dan Teknologi Informasi
Pertama kali terbesit di benak saya saat menulis gambaran tentang mata kuliah ini adalah kata-kata dari bapak ketua jurusan Teknik Informatika, bahwa mata kuliah ini bisa dianggap sebagai "hiburan". Namun, meremehkan sesuatu bukanlah hal yang baik :) Dengan belajar mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengerti konsep sistem komputer dan sistem informasi, penerapannya dan studi kasus bisnis online.

5. Sistem Digital
Saya lagi-lagi teringat kata-kata dari Pak Yudhi saat IPITS, kalau Matematika adalah ibunya Teknik Informatika, maka elektronika adalah ayahnya (kurang lebihnya seperti itu :D). Nah sistem digital ini mata kuliah yang "berbau" elektronika. Mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar sistem digital sebagai komponen dasar dari komputer, seperti bagaimana komputer berpikir(boolean - gerbang logika), sistem bilangan, dan rangkaian-rangkaian logika sejenisnya. By the way, tidak sedikit teman atau senior yang mengatakan bahwa mata kuliah ini paling sulit di semester 1 :o


6. Kalkulus 1

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan "berkutat lagi" dengan pelajaran matematika di SMA seperti grafik, limit, integral, turunan, namun tentunya dalam porsi "mahasiswa" :D Pak Yudhi dan Mbak Udhe (SC) pernah mengingatkan, jangan sekali-kali meremehkan/lengah di kalkulus, karena meskipun syarat kelulusannya lebih rendah(D), tidak sedikit yang terjebak dengan nilai rendah di kalkulus :o

Nah, begitulah sekiranya gambaran yang saya punya/dapat tentang materi kuliah semester 1 di Teknik Informatika ITS. Mungkin ada temen-temen yang sekiranya numpang lewat atau memang sengaja baca post ini dan kebetulan minatnya juga bidang Informatika, monggo mas, mbak, ditambahin lagi informasinya.
Sekian, terima kasih :)

Referensi :
Katalog jurusan Teknik Informatika ITS 2010/2011 (Silabus kurikulum 2009-2014 program S1 Teknik Informatika)
Gambar-gambar diambil dari hasil image search google

0 comments:

Post a Comment