Pretest Pemrograman Terstruktur

Review preteset pemrograman terstruktur

Yah sesuai judul, jadi tadi pagi ada pretest (perdana) pemrograman tersturktur di Laboratorium Pemograman TC. Pas mau mulai, yang bikin aku tercengan: Pake sistem online judge! Thumbs up deh buat TC :D

Jadi pretestnya ada 5 soal, dengan waktu 2 jam. Sistemnya persis kayak online judge, ada rankingnya, trus fitur buat nanya/klarifikasi, submission statusnya ada AC, WA, TLE, RTE, PE dan yang paling ngeselin itu (kalo ga salah ada)time pinalty kayak kontes ACM -.-

Overall, LPPC (Laboratorium Pemrograman Programming Challange) is somewhat cool 8)

Oke mari kita bahas!

1. Perkalian
Pertama kali liat soal ini sempat shock, kirain bakal perlu operasi Big Int, alhamdulillah bukan :D Soalnya jamak", diberikan dua buah bilangan, hitunglah hasil perkalian dari dua bilangan tersebut. Constrain : 1 <= A,B <= 10000000. Satu juta di kali 1 juta berarti 10^12. Nah, tipe data int/long kan batasnya sampe 10^10(2Miliaran), jadi perlu tipe long long yang bisa sampe 10^19 an. 
CONTOH
INPUT 
2 5 
OUTPUT 
10 
Format input outputnya ga terlalu apal (source codenya ketinggalan di lab (lupa di copy xD)) 

2. Karyawan Universitas
* Soal ini comot dari SPOJ soal EMP, pembahasan menyusul di post-post SPOJ 
Yang jelas solusinya tinggal outputkan A+B. 

3. FPB 
Ini dia soal yang tricky dan aku kena gara" ga baca soal dengan baik. Yang aku lakukan : liat judul > wah FPB! > langsung coding -.- Diberikan dua buah bilangan, carilah FPB dari kedua bilangan tersebut. Sialnya ternyata soal ini tricky karena di deskripsi dijelaskan angka-angkanya adalah bilangan prima sementara 2 bilangan prima FPBnya PASTI 1 -.- Karena ga baca deskripsi, ya jadinya aku simulasiin aja dengan loop dari bilangan yang lebih kecil ke bilangan yang lebih besar, setiap i dicek apakah bisa membagi kedua bilangan.
CONTOH
INPUT
2 5
OUTPUT
1

pembuktian primanya
INPUT
7 13
OUTPUT
1

dan diluar setelah selesai mengerjakan, mas yang buat soal datang dan tersenyum "Eh yang FPB itu printf 1 aja selesai loh, ngapain repot-repot, kan bilangannya pasti prima". Aku "waduh! *tepok jidat"

4. Feynman
* Soal ini comot dari SPOJ soal SAMER08F, pembahasan menyusul di post-post SPOJ
Ini dia soal yang sempet bikin aku dan Zulfikar PANAS. Gimana engga, sakit hati sampai 5 kali submit WA mulu padahal itungan/rumus kita uda bener. Aku masih mending, di akhir pretest si Zul akhirnya sampe 7 kali submit ni soal -.- Akhirnya dibenerin juga sih sama mas" yang jaga servernya, kayaknya ANS di servernya ngaco -.- Jadi gini, Feynman ini 'ceritanya' maniak teka-teki. Inputnya itu sebuah bilangan N. Kemudian si Feynman membuat kotak N*N grid. Kita disuruh menghitung berapa banyak persegi yang bisa kita bentuk dari grid-grid tersebut.
CONTOH
INPUT
2
OUTPUT
5

Buat 4 kotak kecil", 2 sebagai panjang, 2 lagi lebar.
Polanya seperti ini, dari 1 sampai N, banyak persegi += i*i
jadi kalo N = 2, banyak persegi = 1 + 2*2 = 5

5. Huruf sebelumnya
Singkat cerita, char jawaban = char input - 2. Hahaha =)
CONTOH
INPUT
c
OUTPUT
a

Sekian reviewnya, semoga pretest berikutnya aku bisa lebih sukses lagi.. amin :)

0 comments:

Post a Comment