Selayang pandang mata kuliah semester 2

Besok (Senin, 13 Feb 2012 RED) adalah kuliah perdana semester genap (hellnooo :o) Setelah IP perdana yang baik pas-pasan, semester ini saya dan teman-teman yang lainnya tentu bertekad untuk mendapatkan yang lebih baik dari sebelumnya (doakan ya :) ).
Baiklah, untuk semester ini sama seperti sebelumnya. Ada 6 mata kuliah WAJIB(paketan) yang harus saya ambil. Untuk mata kuliah tambahan saya belum sukses mendapatkan karena masih terbentur jadwal mata kuliah wajib.

1. Algoritma dan Struktur Data
Setelah di bagian akhir mata kuliah Pemrograman Terstruktur berkutat dengan graph, saya rasa hal yang sama akan ditemukan dalam mata kuliah ini. Dalam katalog tertulis targetnya “Mahasiswa mampu mengimplementasikan tipe data abstrak dalam permasalahan nyata”. Jadi selain belajar algoritma, mahasiswa juga akan belajar untuk membuat ADT(Abstract Data Type) dalam mata kuliah ini. Beberapa yang akan dibuat seperti Stack, Queue, tree seperti BST, Priority Queue, AVL, Heap dan banyak lagi. Melihat bahasan-bahasan yang akan dipelajari dalam katalog membuat saya semakin tidak sabar untuk belajar mata kuliah yang menurut saya paling seru ini :D

2. Matematika Diskrit
Kesan pertama dari MatDis bukanlah pada materinya. Tebak apa? Tepat, dosennya!! Dosen matdis kelas D berinisial RL, yang tak lain dan tak bukan, kalau tidak salah adalah Pak Ru**y (tidak baik disebut, you know who di TC :D ). Tapi hal ini bukannya membuat saya ketakutan, justru penasaran seperti apa beliau akan mengajar kami nanti (katanya sih seru!).
Okay untuk MatDis, sepengetahuan saya sangat kuat kaitannya dengan LOGIKA berpikir kita. Dalam katalog, tujuan pembelajarannya adalah memahami konsep logika, metode pembuktian, himpunan, fungsi, induksi matematis & rekursi, relasi dan dapat mengaplikasikannya pada permasalahan nyata.
Bahasan-bahasan yang akan dipelajari seputar konsep logika, pembuktian, himpunan dan fungsi, induksi matematis, dan relasi.

3. Organisasi Komputer
Saya meyakini bahwa mata kuliah ini adalah ‘evolusi’ dari Sistem Digital :D Tujuan pembalajarannya : mampu memahami konsep dasar cara kerja komputer dan fungsi-fungsinya.
Dalam mata kuliah ini saya akan mempelajari arsitektur komputer, instruksi mesin dan program, organisasi I/O, memori, dan aritmatika, processing unit dan pipelining. Dalam kata lain, mata kuliah ini merupakan bentuk ‘PDKT’ tingkat lanjut kepada gebetan setia mahasiswa Teknik Informatika (inisial K, sebut saja Komputer :p). Dapat dilihat sekilas bahwa sangat erat kaitannya dengan pelajaran-pelajaran Sistem Digital pada semester sebelumnya :D

4. Teori Graf dan Otomata
Mata kuliah ini juga berkaitan dengan materi akhir-akhir dari Pemrograman Terstruktur semester lalu yaitu GRAPH! Namun sesuai namanya, mata kuliah ini hanya membahas ‘Teori’nya, sedangkan implementasi/aplikasinya ada pada ASD. Meskipun demikian, saya rasa ini tidak kalah menariknya dengan ASD, karena saya akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan graph dan tentu saja algoritmanya. Bahasannya banyak, seperti apa itu graph, tree, representasi graph, studi kasus/traversing graph : Djikstra, Floyd, Shortest path lainnya serta TSP dsj. Menarik bukan? :D

5. Kalkulus 2
Teringat kembali mata kuliah Kalkulus 1 dan nilai akhirnya.. Dilema -_- Anyway, sesuai namanya, mata kuliah ini melanjutkan materi dari bagian sebelumnya (Kalkulus 1, RED). Pada bagian awal mahasiswa sudah disuguhi dengan menu pembuka, ‘cacing’ Integral :D Tujuan mata kuliah ini adalah memahami konsep-konsep dasar aplikasi integral tertentu, fungsi transenden, teknik integrasi, koordinat kutub dan persamaan parametrik serta deret tak hingga. Wow! Really, that’s a WOW!!!

6. Agama Islam
Untuk mata kuliah ini saya belum ada bayangan karena agama itu tidak hanya satu sehingga tidak ada kisi-kisinya di dalam katalog Informatika (atau ada alas an lain!?). Mata kuliah ini mengingatkan saya pada kegiatan mentoring yang biasa saya ikuti seminggu sekali pada semester 1 dulu. Entah apakah kegiatan ini akan berlanjut di semester genap ini.

Overall, saya sangat excited dengan mata kuliah yang akan saya ‘santap’ semester ini (belum termasuk tambahan). Bahasan-bahasannya sudah mulai keren-keren dan menarik! Harapannya saya dapat berprestasi lebih baik lagi semester ini, amin. :)

0 comments:

Post a Comment