Tips Lulus SPMB

Repost Kaskus :p
moga bermanfaat..hhe


Diterima sebagai mahasiswa di Universitas Unggulan seperti UI, UGM atau ITB merupakan impian sebagian besar pelajar SMU. Karena bukan rahasia lagi bahwa lulusan perguruan tinggi-perguruan tinggi favorit tersebut akan lebih mudah menembus dunia kerja dan industri. Untuk itu persaingan dengan memperebutkan kursi mahasiswa perguruan tinggi & fakultas/jurusan favorit dalam even SPMB(2000-an) atau UMPTN(1990-an) atau SIPENMARU(1980-an) atau SKALU(1970-an) sangatlah ketat. berikut ini adalah tips persiapan menghadapi Ujian Penerimaan Mahasiswa tersebut:


1. Tetapkan Terget
Cobalah untuk menghitung mundur waktu yang tersisa (Termasuk jumlah jam belajar Anda), bandingkan dengan sisa materi yang belum Anda pelajari. Dari sana, Anda dapat membuat alokasi materi per hari yang harus Anda selesaikan. Sehingga pada akhir agenda Anda sudah siap menghadapi ujian penerimaan. Karena kesiapan diri terkait erat dengan faktor psikis Anda, dan faktor inilah yang nanti memegang peran penting di hari-H ujian.


2. Siapkan Tempat Khusus
Siapkan suatu tempat khusus di rumah Anda, dimana Anda dapat memfokuskan kegiatan belajar Anda tanpa gangguan dari siapapun dan apapun. Sehingga terget-terget meteri yang harus Anda lahap dapat selesai sesuai waktunya.


3. Pisahkan Buku-Buku per Mata Pelajaran
Kelompokan buku-buku/catatan-catatan berdasarkan materi pelajarannya, supaya Anda lebih mudah mencari/membaca/mempelajarinya.


4. Buatlah Rangkuman
Cobalah untuk membuat rangkuman materi setiap selesai Anda mempelajari bab tertentu, agar mudah ‘digali’ dan ‘disegarkan’ kembali ketika Anda membutuhkannya, baik berupa rumus-rumus praktis maupun hafalan-hafalan tertentu. Karena terkadang ketika Anda sedang membuat rangkuman, justru Anda akan menemukan cara-cara praktis dalam menyelesaikan sebuah soal.


5. Latihan Soal
Untuk menguji seberapa dalam materi telah Anda lahap dan kuasai, sering-seringlah berlatih soal - terutama soal-soal khusus SPMB/UMPTN/SIPENMARU/SKALU. Karena seringkali soal-soal tersebut dikeluarkan kembali, baik secara persis ataupun hanya berganti angka saja.


6. Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar memang perlu namun tidak wajib. Bagi Anda yang belum terbiasa belajar mandiri dan butuh ‘katalis’ untuk meningkatkan kualitas belajar ada baiknya Anda mengikuti bimbinga belajar. Namun bagi Anda, yang telah terbiasa belajar secara mandiri, bimbingan belajar Anda perlukan untuk sekedar menambah wawasan menghadapi soal yang mungkin lebih bervariasi. Karena dalam bimbingan belajar, seringkali disampaikan metode-metode praktis, dari pengalaman-pangalaman pengajarnya (best practice). Ini yang terpenting.


7. Try Out
Try out perlu Anda ikuti 1-2 kali untuk mengetes kemampuan Anda serta kemampuan saingan-saingan Anda sekaligus untuk memacu dan menjaga semangat kompetitif belajar Anda.


8. Penentuan Jurusan Pilihan
Hal terakhir yang perlu Anda fahami adalah menyesuaikan kemampuan dengan kenyataan di lapangan. Setelah Anda memaksimalkan seluruh sumberdaya Anda, tibalah saatnya Anda mengukur diri Anda dengan jurusan pilihan Anda - lengkap dengan persaingannya. Tentukan prioritas Anda, apakah di Universitasnya ataukan pada jurusannya. Analisa pula kemampuan Anda melalui pilihan jurusan I dan II. Misalnya kalau pilihan I : Kedokteran UI, ada baiknya pilihan II:Kedokteran UNDIP atau Ketika Pilihan I : Informatika ITB, ada baiknya pilihan II : Informatika ITS atau Pilihan I Ekonomi UGM ada baiknya pilihan II Ekonomi UNS. Selalu bertingkat, jangan sejajar.

0 comments:

Post a Comment